7 Cara Sederhana Mengobati Sakit Gigi

Seperti pepatah menuliskan “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”. Kalau ditelaah, pepatah ini memang terdapat benarnya. Kalau gigi sakit, anda tidak bisa melakukan apa-apa. Jangankan mengonsumsi makanan, minum saja juga terasa nyeri sebab pembuluh darah yang terdapat di dalam gigi berdenyut-denyut saat terkontaminasi dengan apapun.
7 Cara Sederhana Mengobati Sakit Gigi

Di samping itu, seseorang yang sakit gigi mempunyai tingkat emosional yang tinggi. Maka tidak boleh heran bila orang yang sakit gigi lebih tidak jarang marah tiba-tiba andai diganggu dengan keributan. Jika gigi telah terasa sakit, inilah terdapat sejumlah obat ampuh yang dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi

1. Mengompres Gigi

Pembengkakan pada gusi dapat menyebabkan sakit gigi. Agar pembengkakan tidak meningkat parah, kompreslah pipi di lokasi yang sakit hingga rasa sakit berangsur-angsur hilang. Caranya lumayan mudah, celupkan sapu tangan ke dalam air es, kemudian kompres unsur pipi. Bisa pun dengan es batu yang sudah dibalut dengan kain, kemudian ditekan-tekan secara perlahan ke unsur pipi yang sakit.

2. Berkumur dengan Air Garam

Obat penghilang sakit gigi berikutnya ialah air garam. Kandungan disinfektan yang ada pada air garam paling bagus guna menghilangkan rasa nyeri. Di samping itu, kuman dan sisa-sisa makanan pun bisa terangkat dengan sendirinya bila Anda berkumur dengan air garam.

Cara menciptakan air kumur garam paling gampang. Ambil air hangat secukupnya, kemudian tambahkan ½ sendok teh garam dapur. Aduk hingga garam benar-benar larut, kemudian berkumurlah. Lakukan masing-masing hari setelah makan.

3. Berkumur dengan Hidrogen Peroksida

Sakit gigi dapat disebabkan karena kegiatan kotoran dan kuman yang terdapat di gigi. Kebiasaan tidak menggosok gigi setelah santap akan merangsang tumbuh kembang bakteri tersebut. Namun, Anda dapat mengusir bakteri dengan larutan hidrogen peroksida. Sudah terbukti bila berkumur dengan larutan hidrogen peroksida dapat menanggulangi rasa sakit dan menangkal peradangan di gigi.

Masukkan 2 sendok hidrogen peroksida ke dalam 270 ml air hangat. Aduk hingga merata, kemudian berkumurlah. Hindari guna mengoleskan hidrogen peroksida tanpa ekstra air sebab akan merusak unsur gigi dan gusi Anda.

4. Minum Air Rebusan Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari yang seringkali digunakan sebagai gabungan ke bahan makanan pun mujarab guna mengobati sakit gigi. Kali ini bijinya tidak dikunyah begitu saja, namun direbus dan dimasukkan ke dalam air secukupnya. Air rebusan yang telah mendidih disaring terlebih dahulu, kemudian air rebusan biji bunga matahari bisa diminum masing-masing hari guna meredakan sakit gigi secara perlahan.

5. Mengunyah Daun Jambu

Daun jambu dikenal mempunyai kandungan anti-mikroba yang baik guna membunuh kuman-kuman yang terdapat di gigi manusia. Itulah mengapa daun jambu tidak sedikit dijadikan sebagai obat sakit gigi. Berbeda dengan bahan yang lainnya, daun jambu tidak perlu diolah guna meredakan sakit gigi. Cukup dengan mengambil sejumlah lembar daun jambu, kemudian dikunyah hingga lumat. Setelah sejumlah saat, rasa nyeri pada gigi pun bakal terasa hilang dan situasi jauh lebih baik bila dikomparasikan sebelumnya.

6. Minum Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih memang paling berkhasiat untuk gigi manusia. Selain bisa menguatkan gigi, daun sirih pun sering dipakai sebagai obat guna menghilangkan sakit gigi. Kandungan batlephenol yang ada pada daun sirih bakal membunuh semua kuman dan bakteri yang hidup di gigi, sampai-sampai gigi tetap sehat dan tentunya tidak sakit lagi.

7. Mengonsumsi Antibiotik

Obat sangat praktis dan tepat guna untuk menghilangkan sakit gigi ialah antibiotik. Antibiotik bisa membunuh kuman dan bakteri di gigi, serta ampuh guna menghilangkan tonjolan di dekat pipi dampak pembengkakan pada gusi. Tapi ingat, antibiotik yang dibeli mesti cocok dengan takaran yang diserahkan dokter. Perhatikan pun tanggal expired antibiotik tersebut supaya tidak membahayakan gigi dan diri sendiri.

Kunjungi Dokter Bila Tak Kunjung Sembuh

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang terlampau manis dan jarang menyikat gigi sesudah makan dapat memicu terjadinya sakit gigi. Untungnya, sakit gigi dapat ditanggulangi dengan obat-obatan tradisional dan antibiotik sampai-sampai rasa sakitnya bisa berkurang dengan sendirinya. Namun, bila sakit gigi tidak sembuh dalam masa-masa lama, lebih baik kunjungi dokter gigi guna mendapat penyembuhan lebih efektif dan efisien.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Sederhana Mengobati Sakit Gigi"

Post a Comment